Minggu, 16 Desember 2012

PENYIANGAN BAHAN PUSTAKA


Dalam melakukan kebijakan pengembangan koleksi, tidaklah asal pengadaan. Jumlah koleksi yang banyak bukan berarti perpustakaan itu lengkap serta dapat memenuhi kebutuhan pemustaka. Tidak dipungkiri bahwa perpustakaan yang banyak  memiliki koleksi ialah perpustakaan yang kaya akan khazanah pengetahuan. Namun hal ini akan berpengaruh terhadap keterpakayan dan efektifitas koleksi yang telah ada. untuk mengantisi ketidak tepakayan koleksi yang ada di perpustakaan maka di lakukan sebuah usaha widing atau penyiangan.
Penyiangan dimaksudkan untuk mengurangi jumlah koleksi yang ada di perpustakaan sehingga koleksi yang baru mempunyai tempat untuk disimpan. Dengan itu tidak ada alasan bahwa ruang perpustakaan penuh dengan koleksi  lama. Namaun tidak semua koleksi dapat dimasukan kedalam sebuah perpustakaan. Kebijakan pengembangan koleksi pada perpustakaan haruslah melihat beberapa aspek yang terkait. Dianatara aspek-aspek yang dapat dipertimbangkan ialah:
1.      Institusi/Lembaga  yang menaungi perpustkaan tersebut.
2.      Visi dan Misi lembaga.
3.      Pemustaka dalam hal ini komunitas yang menggunakan perpustakaan.
4.      Dana yang dimiliki.
Penyiangan bahan pusataka merupakan kebijakan yang dilematis. Sehingga harus ada aturan yang baku utuk melakukan itu. Aturan untuk penyiangan dapat dibuat oleh institusi yang bersangkutan melalui musyawarah dan mufakat. Hal ini dilakukan agar tidak ada kekeliruan atau miskomunikasi. 

0 komentar:

Posting Komentar