Minggu, 16 Desember 2012

TAK SALAMANYA GALAU DERITA


Saat ini kata galau menjadi fenomena populer. Dari berbagai  kalangan mulai anak muda sampai yang tua, sering melantunkan kata galau. Bahkan beberapa iklan menggunakan kata galau sebagai sarana promosinya. Saking populernya kata ini, setiap tindak tanuk dan tingkah yang mencurigakan “melamun” gak peduli ia lagi mikirin tentang tugas sekolah, tugas kuliah, atau tugas kantor. Apa lagi sedang mikirin pacar yang gak perhatian atau lagi kasmaran dan sedang di putus cinta. Maka disebut lah dia galau. Waow sangat dahsat ternyata kata galau. Nah intinya saat ini harus hati-hati jika melamun atau lagi mikir sesuatu nanti bisa-bisa di bilang galau. Jika gak mau dibilang galau selalu senyum dan tetap ceria.
Sebenarnya galu itu apa? Banyak yang mendefenisikan kata galau. Berikut pemaparannya. Aku mendapat sms dari teman awalnya aku sms dia “ lagi apa kawan ” tanpa basa basi dia jawab “ galau” aku penasaran, aku tanya  “ apa itu galau” dia bilang galau itu “ gangguan lanjut usia.” Oh ternyata galau itu sebuah singkatan. Jika mengacu pada singkatan ini kita tak dapat lepas dari penyakit yang namanya galau dong. Tar jika aku sakit kepala dibilang galau, lagi mikirin jerawat galau, lagi mikirin kulit udah kriput galau.
Dari kamus bahasa indonesia lengkap galau: semerawut, kacau, ramai, ribut-ribut[1]. Nampaknya dari pengertian ini menggunakan pendekatan sinonim. Nah jika keluar rumah harus hati-hati menjaga penampilan. Gimana ceritanya ni aku orangnya emang sukanya ramai berarti aku galau dong. Apa lagi aku gak suka sisiran rambut aduh galau lagi.
Galau adalah keadaan dimana kita jadi sedih dan murung karena memikirin sesuatu.[2] Dari pengertian ini galau ditinjau dari sisi psikologis khususnya menjadi sedih. Kalao mendapat masalah usahakan jangan sedih dan murung yang berkepanjangan kawan. Agar gak dibilang galau. Sering tu jika akhir bulan curhat sama teman. Dengan perawakan yang kusam. Kelihatan banget dari jauh jika lagi dapat masalah. Biasalah akhir bulan masalah finansial. Teman udah tau tu. Karena teramat sering. ” lagi galau ya, makan yuk, aku traktir, tar aku pinjamin duit lah, tapi awal bulan bayar ya.”  Ternyata galau itu tidak selalau mendatangkan masalah baru bahkan memberikan solusi. Bagus juga ya fungsi galau.
Kata galau menurut versi erabaca yaitu sebuah ungkapan yang keluar dari dalam hati seseorang yang merasa dirinya resah, gelisah, khawatir kehilangan orang yang dicintai, pikiran kacau, suntuk, gundah gulana, merasa diremehkan, atau betek dan sebagainya.[3] Dari pengertian ini dapat dilihat penyebab galau dan reaksi yang dimunculkan ketika mengalami galau. Pengertian tersebut mengindikasikan galau sering terjadi dikarenakan keresahan. Ini ada cerita lagi ni. Waktu aku lagi ada masalah dengan pacar. Berawal dari perang mulut dan berakhir dengan damai serta diberengi dengan perpisahan. Tentu saja aku sedih kawan. Sering betek, gundah, gulana pikiran melayang,  bercampur menjadi satu adonan yang sempurna. Maka terciptalah menu yang namanya galau. Kehidupan ku saat itu sangat tidak indah. Sangat membosankan samapai-samapai ingin rasanya aku berlari kepantai lalu berteriak sekuat-kuatnya.
Sampai suatu ketika ada dewa penyelamat yang datang dari langit. “ ada apa kawan kok kamu murung, wajah ganteng murung mana keren” awalnya aku gak mau cerita. Namun atas desakan dan bujuk rayu sang dewa akhirnya aku curhat dengan sepenuh hati, membawa hati yang galu. Akhirnya sang dewa penyelamat tau inti permasalahan yang aku alami. Dewa penyelamat berkata “tenang kawan, masih banyak bidadari yang akan menghampirimu, aku janji besok akan aku kenalkan pada salah satu putri yang baru saja jatuh dari surga kamu pasti suka.” Keesokan harinya aku benar-benar dipertemukan sama dewa penyalamat dengan seorang putri yang cantik jelita. Ternyata galau ada juga manfatnya asal mau bercerita dan berbagi dengan orang lain.
Dari pemaparan tersebut aku berkesimpulan behwa galau merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan pribadi. Galau muncul dikarenakan ada sebuah keinginan yang tidak terwujud pada diri kita. Apa bila galau telah menyerang segera carikan obatnya. Salah satu obat galau berkonsultasi dengan orang yang dipercaya, dan segera melakukan tindakan. Jangan biarkan ia menjadi beban diri.


[1] Suharsono dan Ana Ratnoningsih Kamaus Bahasa Indonesia Lengkap (Semarang, Widya Karya , 2011), hlm, 178
[2] Daili remaja galau.  Apa Itu Galau  http://galau.blogdetik.com/galau/  di dwonload tanggal 30 november 2012 jam 1:30
[3] Kata-Kata galau 2012:: cinta penuh keresahan dan kerinduan. http://www.erabaca.com/2012/05/kata-kata-galau-cinta-penuh-keresahan.html

1 komentar: